Menu Masakan bagi Pemula, Cepat Serta Mudah


             Mungkin pembaca akan menebak, masakan ini mie instans ataupun telur yang hanya diceplok atau didadar. Tapi tidak, disini aku akan mengkombinasikan keduanya menjadi masakan yang nikmat, dengan penyajiannya yang mudah, cocok sekali bagi pemula yang ingin belajar memasak.
            Masakan ini, telah populer di kedai-kedai makanan dan banyak dijumpai dimana pun, khususnya di Indonesia. Namun banyak yang mengkreasikannya bermacam-macam hingga menjadi masakan yang mahal.
            Masakan ini bernama martabak mie atau dapat juga disebut pizza mie. Berikut ini bahan-bahan serta cara pembuatannya untuk satu porsi, silahkan dicoba di rumah masing-masing :
Ø     Bahan-bahannya :
-          Mie Instans merek apa saja ( goreng/ rebus )
-          2 Telur ayam
-          Cabai rawit ( hijau/ merah)
-          Bawang putih
-          Bawang bombay
-          Daun bawang
-          Kornet atau bakso
-          Garam

Ø      Pelengkap :
-          Saus Cabai
-          Saus Tomat
-          Gula pasir
-          Sosis
-          Tepung maizena
-          Air



Ø     Cara pembuatannya :
-       Pertama-tama, mie instans di rebus setengah matang ataupun dapat direndam di air yang panas dan tiriskan.
-        Kemudian siapkan tempat , kocok telur dengan garam. Masukkan kornet atau bakso yang telah dipotong-potong, banyaknya sesuai selera.
-       Selanjutnya iris cabai rawit merah atau hijau, bawang putih, bawang bombay, daun bawang.
-       Lalu setelah semuanya telah diiris, masukkan secukupnya ke dalam kocokkan telur, dan masukkan juga mie instans yang telah matang.
-       Campur hingga merata, masukkan bumbu mie yang ada dalam mie instans secukupnya sesuai selera
-        Kemudian panaskan wajan atau penggorengan, masukkan minyak goreng tunggu sampai panas, lalu masukkan semua bahan yang ada dikocokkan telur masak hingga matang dan angkat, tiriskan minyaknya.
-       Selanjutnya untuk pelengkap panaskan minyak goreng sedikit, setelah itu tumis bawang bombay dan bawang putih secukupnya hingga berbau harum, masukkan sosis. Kemudian masukkan air, lalu saus sambal cabai dan saus tomat sesuai selera. Tunggu hingga mendidih dan setelah mendidih, untuk mengentalkan masukkan tepung maizena yang telah dilarutkan sesuai selera hingga mengental saus tersebut, masak hingga matang dan angkat.

Ø      Penyajiannya :
-       Siapkan piring saji, letakkan martabak mie nya, dan siram dengan saus pelengkap yang telah sibuat. Sajikan, sangat mudah dan nikmat untuk dinikmati , baik untuk cemilan menonton televisi, ataupun dimakan dengan nasi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar